Sunday 29 June 2014

New Target Buat My Lovely Blog :D

Menyambut bulan ramadhan ini saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa untuk teman-teman semua yang menjalankan :D Jangan lupa target-target ramadhannya dipenuhi ya supaya pahala yang kita dapatkan berkah dan buanyaakkk. Hehehe.

Ngomong-ngomong soal Ramadhan, sudah pasti setiap orang punya target ibadah masing-masing. Kebanyakan memiliki target untuk bisa khatam Al-Quran di bulan Ramadhan ini. Saya termasuk salah satunya dan saya harap masa berhalangan saya saat Ramadhan tidak mengganggu target saya yang satu itu. Aamiin.

Berawal dari beres-beres folder di komputer, saya pikir banyak sekali file-file tugas yang berserakan di luar folder. Kemarin-kemarin sempat sibuk sehingga file-file tersebut belum sempat saya bereskan dan tata rapi dalam folder-folder. Setelah tertata rapi, saya punya ide untuk membuat target akademis dan literasi.

Apa itu target akademis?
Target akademis yang saya maksudkan disini adalah target-target yang berkaitan dengan kehidupan kuliah saya dan memanfaatkan keberadaan blog ini sebagai media posting tulisan saya.

Target akademis
Posting semua file makalah, resume, artikel, dan sebagainya yang telah saya buat minimal dalam satu periode semester sebelumnya yaitu selama semester 4. Sebenarnya ada beberapa file tugas juga dari semester tiga yang belum sempat saya posting dan akan saya usahakan untuk posting di blog ini. Alasan saya membuat target ini adalah beberapa mata kuliah yang saya kontrak rupanya memiliki referensi yang sangat terbatas. Saya sendiri juga membuat makalah untuk mata kuliah yang langka berdasarkan diskusi dengan teman-teman dan dosen dengan tetap mengacu pada buku yang ada meskipun hanya satu atau artikel di internet yang sangat terbatas. Tidak jarang juga saya datangi guru saya ketika SD untuk memahami suatu materi untuk memenuhi rasa ingin tahu saya untuk materi-materi atau mata kuliah yang berbasis praktek seperti micro teaching. Selain alasan tersebut, alasan lainnya adalah bahwa postingan saya di blog ini yang memiliki banyak pemirsa adalah materi perkuliahan. Saya senang sekali hari ini blog saya sudah dilihat oleh lebih dari 17000 orang padahal jarang saya buka. Postingan pertama yang paling sering dibuka adalah review make up eyeshadow viva dan yang kedua dan seterusnya adalah materi-materi kuliah. Jadi ini adalah kesempatan yang bagus buat meningkatkan pemirsa blog saya sekaligus berbagi ilmu dengan para pembaca.

Selanjutnya target literasi. Apa itu target literasi?
Target literasi yang saya maksudkan disini adalah target-target yang berkaitan dengan literasi tentunya. Baik yang serius banget maupun yang imajinatif (maksudnya lebih mengarah ke sastra gitu)

Target literasi pertama
Baca buku minimal tiga buku dalam satu minggu dan buat reviewnya di blog ini. Buku yang dibaca bisa buku yang berkaitan dengan kuliah, novel, sastra, dan sebagainya. Pokoknya baca buku. Penting sekali untuk membaca buku. Sudah sering kita dengar bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca kita bisa menambah pengetahuan. Yang saya rasakan pula, membaca memberikan stimulus kepada kita salah satunya dan yang terpenting yaitu menulis. Tulisan kita mencerminkan siapa kita dan tulisan kita mencerminkan buku seperti apa saja yang pernah kita baca.

Target literasi kedua
Buat cerpen minimal satu cerpen satu minggu. Agak berat sebenarnya target ini sebab saya mulai sangat malas menulis cerpen dan ada keparnoan-keparnoan sebagai sebab dari sugesti yang berlebihan. Saya paling suka menulis cerpen yang sad ending atau gantung dan saya takut kejadian yang saya tulis dalam cerpen malah kejadian di kehidupan nyata. Pernah ada yang mengatakan bahwa kata-kata adalah doa. Mungkin ini adalah bukti dari kata-kata tersebut ya? Tapi saya akan berusaha sebaik-baiknya supaya bisa meluluskan target ini selama ramadhan. Kalau tidak saya targetkan, kapan saya akan menulis cerpen lagi? Masa saya nggak nulis cerpen sama sekali sih? Nggak mau lah.

Target literasi ketiga
Baca puisi-puisi penyair. Satu minggu konsisten membaca karya satu penyair. Sampai sekarang penyair favorit saya adalah Sapardi Djoko Darmono dan Soe Hok Gie. Target ini saya buat karena saya ingin out of the box mengeksplor lebih banyak karya sastra dari banyak penyair.

Target literasi keempat
Menulis puisi. Satu minggu minimal dua puisi dengan tema sesuka hati. Bisa dikatakan ini adalah bentuk tindak lanjut dari target literasi keempat.

Oh iya, berhubung pemirsa blog saya udah 17000 lebih dan menurut saya itu banyak banget karena blog ini sebenarnya jarang saya buka dan jarang saya update juga. Sempet kepikir pengen kasih give away buat pemirsa blog saya. Tapi saya coba pikir-pikir dulu deh nanti dikompetisikannya seperti apa. Hadiahnya tentu menarik bangetlah sebab barang-barangnya sudah ada sebenarnya dan masih baru. Ada make up, ada aksesoris, ada skin care, ada buku juga, ada kerajinan, banyaklah. Saya coba pikirkan dulu. Mudah-mudahan besok lusa ada keputusan.

See you :D

No comments:

Post a Comment